Dampak Kepadatan Penduduk


Dampak Kepadatan Penduduk

1.    Ketersediaan Pangan
Manusia sebagai mahkluk hidup  membutuhan makanan .Dengan bertambahnya jumlah  populasi manusia atau penduduk, maka  jumlah kebutuhan makanan yang diperlukan juga semakin banyak.Pert
umbuhan penduduk yang  tidak diimbangi dengan peningkatan  produksi  pangan dapat menyebabkan kekurangan makanan . Ketidakseimbangan  antara bertambahnya  penduduk   dengan bertambahnya   produksi pangan sangat mempengaruhi kualitas hidup manusia.Akibatnya , penduduk dapat kekurangan gizi, sehingga menyebabkan daya tahan tubuh seseorang rendah dan mudah terkena penyakit
2.   Ketersediaan Perumahan/ Pemukiman dan Lahan Pertanian
Peningkatan populasi manusia atau meningkatnya
jumlah penduduk menyebabkan tingkat kepadatan  semakin tinggi . Di sisi lain ,luas tanah atau lahan tidak bertambah. Kepadatan penduduk dapat mengakibatkan tanah pertanian semakin berkurang karena digunakan untuk pemukiman penduduk.
3.   Ketersediaan Air Bersih/ Lingkungan Bersih
Pertambahn penduduk akan menyebabkan bertambahnya kebutuhan air bersih. Hal ini menyebabkan persediaan air bersih menurun.
Pertambahan penduduk juga menyebabkan makin meningkatnya limbah rumah tangga, dan akan mengakibatkan pencemaran lingkungan.
                 
4.   Pendidikan
Tingkat pendidikan menurun dan biaya pendidikan meningkat. Banyaknya orangtua yang tidak mampu menyekolahkan anaknya dikarenakan kepadatan populasi dan menyulitkan dia untuk bekerja menafkahi keluarganya.

5.   Lapangan Pekerjaan
Pertambahan penduduk dapat mengurangi lapangan
                kerja sehingga jumlah pengangguran bertambah

6.   Keamanan/ Kriminalitas
Kepadatan penduduk dapat meningkatkan angka
                Kriminalitas karena pengangguran semakin banyak

Share 'Dampak Kepadatan Penduduk' On ...

Belum ada komentar untuk "Dampak Kepadatan Penduduk"

Posting Komentar